Saturday 28 November 2015

Cara Mudah Mengurus Kartu ATM Bank Mandiri Tertelan Mesin

Pengalaman beberapa waktu yang lalu saya mengambil uang melalui ATM di Bank mandiri.Awalnya saya tidak mengira kartu ATM tersebut bakal tertelan sebab uang berhasil keluar,namun setelah ditunggu cukup lama kartu tidak kunjung juga keluar.



Kejadian ini bermula ketika saya melakukan transaksi pengambilan uang ,dimana tanpa disadari anak saya juga ikut ikutan memencet keyboard mesin atm,entah tombol kombinasi apa yang menyebabkan sesi transaksi berakhir.

Saya telah pastikan kartu benar benar tertelan dan tidak mungkin keluar kembali ,setelah melihat orang yang antri dibelakang saya melakukan transaksi pada mesin ATM yang sama ternyata berhasil.

Memang tidak yakin,apakah hanya karena pencetan yang tidak benar bisa menyebabkan demikian,sebab Sekian lama transaksi di mesin ATM baru kali ini mengalaminya.Namun tidak menutup kemungkinan ini menjadi salah satu penyebab yang tidak bisa disepelekan kartu ATM tertelan.Bisa saja kombinasi tombol yang terpencet bersamaan menjadi pengaman mesin ATM dari tindakan kriminal.

Meskipun saya ambil uang di ATM bank,tidak menjamin bisa di proses saat itu juga sebab hari kejadianya hari minggu dan juga kantor tidak buka,sehingga tidak banyak yang bisa di lakukan.Setelah melapor ke Security, saya menghubungi customer service via telp 14000 untuk memblokir kartu saya.Permintaan segera di tindak lanjuti setelah pertanyaan verifikasi terjawab dengan benar

Beberapa informasi yang berhasil saya himpun dari berbagai sumber dan pengalaman pribadi,beberapa hal yang perlu diperhatikan agar kartu ATM tidak tertelan seperti dibawah ini 
  1. Saat transaksi belum berakhir dengan keluarnya kartu ATM,Keyboard ditombol bersamaan.Ini pengalaman pribadi,saya tidak tahu apakah ada kasus yang sama seperti saya alami 
  2. kartu yang telah keluar (separuh),namun tidak segera diambil setelah transaksi diselesaikan,batas waktu yang diberikan tidak diketauhi secara persis,estimasi 30 detik
  3. listrik tiba tiba padam,dan tidak ada backup sehingga mesin ATM juga ikut mati saat tengah melakukan transaksi
  4. Lupa PIN dan memasukan PIN yang salah berulang-ulang.
Itulah beberapa penyebab yang mungkin bisa membuat kartu atm tertelan mesin.Diluar yang disebutkan diatas masih banyak yang bisa menjadi kemungkinan

Langkah apa yang perlu dilakukan saat kartu ATM Tertelan Mesin.
  • Jangan Panik.jika penyebabnya bukan karena listrik padam Tunggu beberapa waktu,jika benar benar tertelan biasanya mesin sudah tidak menampilkan menu utama transaksi atau kembali ke screen saver 
  • Jangan Pernah memberikan informasi PIN kepada siapapun termasuk petugas bank
  • segeralah Minta kartu ATM di blokir,dengan menghubungi customer service via telepon 14000.Ingat mintalah yang diblokir sebatas kartunya saja bukan tabungan sehingga masih bisa transaksi via mobile banking, internet banking atau sms banking ,kecuali untuk pengambilan cash harus datang ke bank
Nah,sampai disini anda bisa merasa sedikit lega karena sudah diamankan,langkah selanjutnya adalah mendatangi kantor cabang untuk melakukan penggantian kartu ATM.Kenapa harus diganti tidak diambil saja padahal kartu tersebut tertelan di ATM bank,tepatnya tempat saya membuka rekening awal.Saya tidak tahu alasan yang pasti,mungkin ini sudah menjadi kebijakan dan prosedur bank.

Beberapa hal yang perlu dipersiapkan untuk prosess mengganti kartu ATM yang tertelan adalah KTP dan buku tabungan.ketika telah didepan meja customer service anda akan diminta mengisi surat pernyataan yang berisi peryataan bahwa benar kartu tertelan mesin dan menandatangi diatas meterai.Selama proses penggantian kartu ATM anda hanya dikenakan biaya penggantian materai.Saat artikel ini dibuat biayanya Rp 6000,jadi persiapkan dari awal agar prosess bisa cepat

Setelah syarat dipenuhi dan di prosess maka anda akan menerima kartu ATM baru,sama seperti saat pertama awal pembukaan rekening, baru.Untuk meningkatkan keamanaan sesegera mungkin ganti PIN anda.

Demikianlah artikel singkat pengalaman bagaimana cara mengurus kartu ATM tertelan mesin langkah ini mungkin saja hampir sama untuk bank yang lain ,Penting juga  ingat nomer customer service bank anda,terutama jika terjadi masalah dalam transaksi perbankan seperti ini

Share this

0 Comment to "Cara Mudah Mengurus Kartu ATM Bank Mandiri Tertelan Mesin "

Post a Comment