Sunday 22 November 2015

Pengalaman Cara Membuka Rekening Tabungan BNI Syariah

Membuka Rekening Baru Bank BNI Syariah - Setelah punya rekening di bank konvensoinal,tergerak  hati ingin membuka rekening di bank syariah.Nah pilihan saya jatuh pada bank BNI syariah.Alasan saya memilih bank ini tanpa membandingkan keunggulan diantara bank syariah lainya.Bank ini murni saya pilih sebab lokasi kantor cabang yang dekat dengan rumah


Awal mendatangi kantor cabang ,seperti biasa saya ditemui security yang menanyakan tujuan,dan saya katakan ingin membuka rekening baru dan akhirnya ditunjukkan untuk menemui Customer Services yang berada dilantai dua.Kebetulan saya datang pagi dan alhamdulillah kantor masih sepi dan sayapun calon nasabah pertama yang dilayani hari itu.untuk mempercepat layanan Sebelum berangkatpun saya telah mempersiapkan syarat syarat pembukaan rekening baru yakni umumnya kartu identititas dan setoran awal pastinya.

Ketika  telah berada di depan meja customer services saya kembali mendapat pertanyaan tujuan disini,dan sayapun mengatakan ingin membuka rekening baru.permintaan saya segera dilanjutkan dengan meminta menunjukkan kartu identitas yang berlaku,kali ini saya menunjukkan hanya KTP saja,ternyata tidak cukup hanya itu,dengan alasan untuk verifikasi CS kembali meminta menunjukkan ID yang lain,nah kali ini SIM.

Setelah selesai memeriksa dan verifikasi kedua ID saya,customerpun mulai menjelaskan produk produknya.untuk jenis tabungan yang hendak dipilih secara garis pembagian berdasarkan akad.penentuaan akad dilakukan saat awal pembukaan rekening baru,sebab dana / setoran disini memiliki arti sebagai barang titipan,berikut penjelasan pembagian akad:
  • Akad wadiah,penjelasan mudahnya adalah dana nasabah sebagai titipan murni sehingga tidak bertambah atau berkurang jumlahnya karena usaha yang dilakukan / dikelola bank bank bertanggung jawab penuh terhadap dana ini
  • Akad mudharabah,penjelasan mudahnya adalah dana nasabah sebagai barang titipan akan bertambah yang diperoleh dari bagi hasil / nisbah dari usaha yang dilakukan bank dan bisa saja berkurang berdasarkan kebijakan bank yang telah dijelaskan di awal akad,seperti biaya admin.beberapa bank telah membebaskanya karena nisbah mampu menutupi biaya ini.
Penjelasan terkait akad diatas adalah pengertian versi yang saya pahami dan saya bukanlah yang ahli dalam perbankan syariah bila ada hal yang kurang tepat menurut pembaca bisa dikoreksi demi kebaikan bersama.

Meskipun banyak juga jenis tabungan seperti yang dijelaskan,akhirnya sayapun memilih tabungan iB hasanah dengan akad mudharabah.proses pun dilanjutkan dengan mengisi beberapa form biodata dan layanan yang ingin diaktifkan.sampai disini saya meminta agar semua layanan perbankan diaktifkan sekalian seperti sms banking dan internet banking.

Proses berjalan lancar hingga buku tabungan saya terima,namun untuk kartu atm tidak diterima saat itu juga sebab saya ingin nama saya tercetak di kartu,saya harus menunggu hingga beberapa minggu kedepan.

Nah itulah pengalaman pertama membuka rekening baru di bank syariah.mungkin saja cara pembukaan rekening bisa berubah sesuai kebijakan yang baru.semoga artikel pengalaman ini bisa memberi manfaat.

Share this

0 Comment to "Pengalaman Cara Membuka Rekening Tabungan BNI Syariah"

Post a Comment